LATEST ARTICLES



Banyaknya penyakit yang bermunculan membuat Pemerintah Indonesia harus waspada dan merespon dengan cepat agar tidak terjadi kekhawatiran masyarakat. Baru-baru ini masyarakat singapura ramai membicarakan penemuan satu jenis penyakit yaitu “cacar monyet”.

Penyakit cacar monyet atau yang disebut dengan “Monkeypox”, virus ini adalah sebuah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus cacar monyet dan dapat menginfeksi hewan tertentu termasuk manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bukan hanya monyet satu-satunya yang membawa virus ini, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh primata lainnya seperti tikus dan tupai.

Illustrasi Cacar Monyet
Gejala awal dari virus cacar monyet ini dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan pada kelenjar getah bening serta rasa lelah.

Terungkapnya beberapa fakta bahwa virus cacar monyet mengancam Batam, sebagai upaya antisipasi agar virus cacar monyet tidak masuk ke Indonesia, Pemerintah Batam telah menyiapkan alat pemindai suhu tubuh sebagai tindakan pencegahan.

Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). menyarankan agar masyarakat tidak perlu khawatir namun harus tetap waspada apabila hendak bepergian ke Batam dan Singapura.

Menurut Dr. Adityo, virus cacar monyet ini dapat sembuh dengan sendiri, namun perlu waktu lama. Selain itu pasein juga harus mendapat cukup asupan cairan dan nutrisi serta perawatan yang baik hingga sembuh.

Salah satu pencegahan yang efektif untuk menghadapi berbagai penyakit yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun setiap kali memulai atau mengakhiri aktivitas.
  
ads 720x90
bm

The best news, stories, features and photos from the day in one perfectly formed email. Fashion, beauty and entertainment news especially for you!

Posting Komentar